Sosial Media

Biografi Albert Einstein


Siapa sih yang tidak kenal sama Bapak fisika yang satu ini, selain penemu teori relativitas, beliau sudah menemukan banyak sekali teori fisika yang sangat berpengaruh pada perkembangan ilmu pengetahuan. Albert Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di Jerman dan meninggal pada 18 April 1955 di New Jersey Amerika Serikat.

Albert Einstein lahir dari keluarga Yahudi, ayah dan ibu Albert sangat memperhatikan pendidikan anaknya, termasuk dalam bidang sains dan musik. Waktu kecil Albert Einstein adalah pribadi yang introvert, tidak suka dengan sosialisasi, bahkan ada yang menyebutkan bahwa dia mengidap penyakit authis. Albert sangat kesusahan dalam mencerna mata pelajaran, bahkan dia dianggap sebagai siswa keterbelakangan di sekolahnya.

Pada usia 15 tahun, keadaan ekonomi keluarganya mengalami kemunduran karena usaha ayahnya mengalami kebangkrutan. Hal tersebut membuat mereka harus pindah ke Pavia, Milan- Italia tetapi Einstein tetap tinggal menyelesaikan sekolahnya.

Albert Einstein berencana masuk ke Institut Teknologi Swiss Federal di Zurich, tetapi sayangnya dia gagal saat test. Di tahun berikutnya dia dikirim ayahnya ke aarau, Swiss untuk menyelesaikan sekolah menengahnya, dari situ dia menerima gelar diploma pada tahun 1896.

Seperti pria pada umumnya, Albert Einstein jatuh cinta dengan seorang wanita bernama Mileva(Seorang Matematikawan). Tanpa gombalan, tanpa puisi ataupun syair, Einstein dengan  mudah mendapatkan hati seorang Mileva dan akhirnya menjalin sebuah hubungan cinta. Dari hubungan Albert Einstein dan Mileva, mereka dikaruniai seorang putri cantik bernama Lieserl yang lahir pada bulan Januari 1902 dan ditahun 1904 mereka dianugrahi seorang anak lagi bernama Hans Einstein.

Setelah lulus dari Institut Teknologi Swiss Federal, Albert Einstein langsung mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang dipelajari ketika sekolah. Dengan sifat dasarnya Einstein yang terlalu terburu- buru akhirnya dia selalu ditolak, dan pada akhirnya berkat bantuan ayah dari teman sekelasnya dia bisa bekerja di kantor Paten Swiss sebagai asisten teknik pemeriksa pada tahun 1902. Einstein bertugas menilai aplikasi paten penemu untuk alat yang membutuhkan pengetahuan fisika.

Pada tahun 1905, Albert Einstein menyelesaikan thesisnya dengan judul "On a New Determination of Molecular Dimensions" sehingga dia mendapatkan gelar doktor dari Universitas Zurich.

Ditahun yang sama, Albert Einstein menulis beberapa artikel dan thesis mengenai ilmu fisika diantaranya Teori gerak brownian, Efek fotolistrik dan teori relativitas khusus. Dari beberapa thesis yang dikeluarkan Einstein akan menjadi ilmu perkembangan Fisika modern.


Teori relativitas Einstein menjelaskan jika suatu benda bermassa m dan diberi kecepatan cahaya pangkat dua maka akan menghasilkan energi yang begitu besar- E=mc2, dengan kata lain 1 gram massa dapat menghasilkan energi untuk memasok kebutuhan listrik sebesar 2.700.000 Watt selama satu tahun penuh.


Pada 18 April 1955, dunia diberi kabar duka, pasalnya ilmuan penemu teori relativitas ini dikabarkan meninggal dunia yang disebabkan karena pecahnya aneurisma aorta perut.


Begitu banyak perubahan yang dilakukan oleh Albert Einstein untuk dunia terutama dalam bidang ilmu fisika. Tidak berlebihan jika para ahli  memasukan Albert Einstein kedalam daftar 100 orang berpengaruh didunia. Siapa sangka anak yang sebelumnya dianggap Autis, disleksia serta dianggap keterbelakangan menjadi manusia  yang bisa merubah dunia. Aku harap dari biografi ini kalian bisa termotivasi untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi dunia dan bagi semua umat manusia.






0 Response to "Biografi Albert Einstein"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel