Sosial Media

Dasar- Dasar yang Harus dimiliki Sebelum Menjadi Seorang Penyiar Radio




    Bekerja dengan passion yang kita miliki akan terasa lebih indah daripada kita bekerja dengan gaji yang sangat besar tetapi banyak tekanan. Salah satu pekerjaan yang menurutku bisa dinikmati dan sangat menyenangkan adalah menjadi seorang penyiar radio. Seorang penyiar radio yang baik adalah ketika dia bisa memanipulasi emosinya, dalam artian ketika emosi mereka lagi kacau atau lagi badmood mereka bisa tetap menjadi penyiar yang menyenangkan dan tetap semangat membawakan program acaranya, bukan malah terbawa emosinya dan semangatnya ikut pudar.
       
    Buat kamu yang menginginkan terjun ke dunia broadcasting terutama penyiaran radio, kamu harus memiliki dasar- dasar yang akan menjadi bekal ketika sudah mulai melompat ke dunia tersebut. So simak beberapa dasar- dasar siaran radio sebelum menjadi seorang penyiar radio :

1.Minat yang Kuat









     Suatu kegiatan yang kita lakukan dan didasari dengan minat yang kuat akan terasa lebih nyaman ketika kita menjalankannya. Tanya kepada diri kamu sendiri, apakah kamu benar- benar minat menjadi seorang penyiar radio? atau cuma ikut- ikutan? atau cuma mencari uang dari siaran? Kebanyakan seseorang yang bekerja menjadi penyiar radio, mereka mempunyai minat dan mereka menganggap siaran radio bukan sebagai pekerjaan tetapi sebagai hobi yang sangat menyenangkan.

     Minat menjadi pilar utama ketika kamu terjun didunia radio announcer. Kamu tak usah berpikir "Apakah aku bisa? Aku tak punya bakat sama sekali". Sebuah keahlian datang dari sebuah minat yang kuat, jadi buat kamu yang masih berpikir tidak punya bakat sama sekali di bidang ini, don't worry karena ketika kamu punya minat yang besar maka suatu keahlian akan datang ke diri kamu sendiri.

2. Percaya Diri









    Sebuah minat yang tidak dibarengi dengan kepercayaan diri akan membuat kamu lebih susah menjadi seorang penyiar radio. Kepercayaan diri dan minat yang kuat akan membuat kamu lebih cepat belajar dunia radio announcer. Ketika kamu sudah sangat minat, mulailah bangun kepercayaan diri kamu dengan menerapkan mindset "Aku pasti bisa, belajar radio itu sangat gampang dan menarik". Jangan khawatir dengan orang- orang diluar yang kelihatannya lebih unggul dari kita, percayalah kalau kamu bisa mengungguli mereka.

3. Wawasan yang Luas dan Mudah Menyerap Informasi


    Seorang penyiar radio harus memiliki wawasan yang sangat luas  dan mudah menyerap informasi darimana aja *Tapi tetap difiltrasi yaa biar ngga dapet informasi hoax* karena selain lagu, bagian dari radio adalah informasi, meskipun terkadang informasi yang kita berikan sudah ada scriptnya tapi sebaiknya kamu tetap membaca agar pengetahuan kamu terus bertambah. Salah satu cara agar pengetahuan kamu bertambah adalah dengan mengikuti website yang up to date atau dengan memasang aplikasi berita seperti Kompas ataupun Liputan6 di hp kamu sehingga ketika ada berita terbaru akan muncul notifikasi dan bisa kamu konsumsi beritanya untuk menambah wawasan.

4. Cinta dengan Semua Genre Musik

   Radio identik dengan musik dan suara, tidak dapat dipungkiri kalau kamu ingin menjadi seorang penyiar radio maka kamu harus cinta dengan musik, lebih baiknya lagi kalau bisa menyukai semua genre musik, mulai dari pop, rock, soft rock, jazz, dangdut, campur sari dll. Meskipun terkadang beberapa radio ada yang memutarkan lagu yang lebih spesifik seperti dangdut atau pop tetapi tidak sedikit juga radio yang memutarkan banyak genre lagu dibeberapa program acara yang ada.



5. Attitude








   Siaran radio bukan hanya berbicara, muterin lagu, memberikan informasi dan mendapatkan honor. Seorang penyiar radio harus punya atttitude atau sopan santun, kenapa? Karena penyiar radio adalah orang yang didengar oleh banyak orang, ketika mereka tidak memiliki sopan santun dalam perkataannya waktu on air, bukan hanyak Stasiun radionya yang dicap negatif tetapi kamu juga akan mendapatkan tanda negatif dari pendengar. Ketika kamu menjadi seorang penyiar radio kamu harus pintar memilih kata- kata apa saja yang sopan ketika dilontarkan ke pendengar.


6. Berpikirlah "Radio bukan Pekerjaanku Melainkan Hobiku"


     Salah satu kutipan dari filmnya Raditya Dika yang menurutku bagus yaitu "Bekerja dengan apa yang kita cintai, maka kita akan mencintai hidup kita" Maksudnya adalah ketika kita bekerja sesuai dengan passion yang kita miliki atau bekerja dengan apa yang kita cintai- dalam hal ini adalah hobi- maka kita bisa menghargai hidup yang kita miliki. Hubungannya dengan kalimat "Radio bukan pekerjaanku melainkan hobiku" adalah ketika kamu berpikir sebuah pekerjaan adalah suatu kesenangan maka kamu akan lebih nyaman melakukannya, berbeda lagi kalau kamu berpikir sebuah pekerjaan adalah ajang untuk mencari uang atau dengan kata lain Job is job maka kamu akan terpaku dengan gaji yang diterima.

     Itu saja beberapa dasar yang harus kamu miliki ketika ingin terjun ke dunia broadcasting sesuai dengan pengalamanku, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mengaplikasikan. :D



1 Response to "Dasar- Dasar yang Harus dimiliki Sebelum Menjadi Seorang Penyiar Radio"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel