Sosial Media

Teknik- Teknik yang Harus dimiliki Penyiar Radio Pemula

    
Banyak hal yang akan kamu dapatkan ketika kamu terjun ke dunia penyiaran radio, bukan hanya dapat honor saja, kamu akan mendapatkan skill baru, seperti bisa berbicara cepat dengan artikulasi yang jelas, lebih percaya diri, menambah kemampuan public speaking, menjadi pribadi yang lebih asik, dan masih banyak lagi keuntungan yang akan kamu dapatkan dari dunia penyiaran radio tersebut.

Buat kamu yang menginginkan terjun kedunia penyiaran, kamu harus tahu terlebih dahulu teknik- teknik yang harus kamu miliki, sehingga ketika kamu sudah mulai terjun ke dunia penyiaran radio, kamu lebih mudah belajarnya.

Simak beberapa teknik yang harus kamu miliki untuk menjadi seorang penyiar radio yang baik dan benar :

1. Teknik Vocal


                                                        Sumber foto : serenataprivatemusiccourse.com

Sebagai penyiar radio yang baik, kamu harus memiliki vocal yang bagus, dalam artian suara kamu tidak boleh fals, tidak cempreng, usahakan pakai suara yang bulat. Buat kamu yang memiliki suara yang cempreng, jangan khawatir karena membulatkan suara itu bisa dilatih dan bisa berubah. Ada banyak artikel yang bisa kamu baca untuk melatih suara kamu agar menjadi lebih bulat.
      
Usahakan ketika kamu siaran radio, kamu pakai vocal original, kamu tidak boleh meniru suara orang lain atau membuat- buat suara kamu menjadi lebih besar atau lebih kecil. Sebisa mungkin tetap menjadi diri kamu sendiri dengan Vocal yang kamu miliki.

2. Smile Voice


                                                              Sumber foto : www.theodysseyonline.com

Hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika siaran adalah tetap tersenyum, meskipun pendengar tidak mengetahui ekspresi saat kamu siaran, tetapi mereka bisa membayangkan ekspresi kamu ketika mendengar suara kamu di radio. kamu bisa membedakan ketika kamu ngomong dengan teknik smile voice atau ketika kamu ngomong tanpa menggunakan teknik smile voice, pasti akan terasa beda ketika didengar. Ketika kamu On air dengan menggunakan teknik smile voice kamu akan terdengar lebih semangat dan friendly.

3. Berbicara Cepat dengan Artikulasi yang Jelas


                                                       Sumber foto : http://agoesheute.blogspot.com


Berbicara cepat adalah kemampuan yang harus dimiliki ketika kamu terjun ke dunia penyiaran radio. Tetapi berbicara cepat tanpa diimbangi dengan artikulasi yang jelas adalah sebuah kesalahan besar, Karena poin dari berbicara adalah ketika lawan bicaramu paham dengan apa yang kamu bicarakan, percuma kamu memiliki kecepatan berbicara misalnya sampai 150 kata per menit tetapi artikulasi yang keluar tidak jelas sama sekali.

4. Intonasi

Berbicara dengan intonasi adalah syarat mutlak menjadi seorang penyiar radio, ketika berbicara didepan mic kita tidak boleh berbicara dengan nada datar, kita harus memainkan intonasi suara dengan cara "Kadang kita ngomong cepet, Kadang kita ngomong lambat". Kenapa demikian? Karena ketika kita siaran dengan intonasi yang datar maka pendengar akan merasa sangat bosan dan bisa aja pendengar mengganti channel radio.

5. Mixing Lagu


                                                           Sumber foto : http://blog.reservasi.com

Banyak penyiar pemula yang beranggapan bahwa menyusun lagu di Playlist itu tidak ada aturannya. Penyiar yang baik bukan hanya memiliki vocal yang bagus melainkan mereka ahli dalam mixing lagu. Kesalahan penyiar pemula dalam mixing lagu adalah mereka kurang mengenal speed intro dan Speed Outro lagu. Biar lebih jelas kita kasih pengertian beberapa kata- kata asing diatas :

Intro : Musik yang terdengar sebelum penyanyi mulai bernyanyi
Outro : Musik yang terdengar sesudah penyanyi berhenti menyanyi

Speed lagu terbagi menjadi 3 :
 Slow
 Medium
 Fast

Kesalahan penyiar pemula ketika mixing lagu adalah dengan memutarkan lagu yang memiliki speed yang jauh berbeda, misalnya lagu 1 mereka memutarkan lagu slow kemudian lagu berikutnya mereka memutarkan lagu Fast, It's Wrong.

Lagu Slow - Lagu Fast = Mixing lagu yang salah
Lagu Slow- Medium- Lagu fast = Mixing lagu yang benar

Ketika lagu pertama yang kita putarkan mempunyai speed slow dan selanjutnya kita ingin beralih ke lagu Fast maka kita harus menyisipkan Song Bridging atau jembatan lagu dengan speed Medium. Misalnya lagu pertama kita memutarkan Armada- Asal Kau Bahagia (Slow Banget) dan selanjutnya kita mau putarkan lagunya Payung Teduh- Akad (Fast), maka diantara lagu Armada dan Payung Teduh harus ada song bridging lagu medium speed misalnya Jaz- Teman Bahagia (Medium Speed), maka susunan lagunya menjadi Armada- Asal Kau Bahagia_ Jaz- Teman Bahagia_ Payung Teduh- Akad.

Itu aja beberapa teknik yang harus dipelajari ketika ingin menjadi seorang penyiar radio yang baik, inti dari dunia penyiaran sebenernya bukan di teknik- teknik tersebut melainkan di minat dan kesukaan kalian di radio. Ketika kalian sudah minat dan suka maka akan lebih mudah menguasai teknik- teknik dasar siaran radio.

0 Response to "Teknik- Teknik yang Harus dimiliki Penyiar Radio Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel