Sosial Media

Definisi Jamu, Pangan Fungsional, Pangan, Obat Farmasi, dan Obat Tradisional




No.
Jenis
Definisi
Fungsi
Contoh
1.
Jamu
Bahan atau ramuan yang berupa tumbuhan , bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (generic), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun- temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat dengan cara prosesnya secara farmasi.
Pencegahan dan pengobatan terhadap suatu penyakit maupun dalam hal menjaga kebugaran dan kecantikan serta meningkatkan stamina tubuh.
Jamu beras Kencur, jamu kunir asem. Bahkan jamu yang sudah dikemas modern seperti produk tolak angin.
2.
Obat Tradisional
Obat yang dibuat dari bahan atau paduan bahan- bahan yang diperoleh dari tanaman, hewan, atau mineral yang belum berupa zat murni dan telah lolos uji klinis dan toksik serta diproses secara higenis.
Pemeliharaan kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengobatan penyakit, terutama untuk penyakit kronis, penyakit degenerative dan kanker.
Hampir sama seperti jamu
3.
Pangan
Segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukan sebagai bahan makanan dan minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan pembuatan makanan atau minuman.
Memenuhi kebutuhan zat- zat gizi tubuh sesuai dengan jenis kelamin, usia, aktivitas fisik, dan bobot tubuh. Fungsi pangan yang demikian dikenal dengan istilah fungsi primer. Selain memiliki fungsi primer, bahan pangan sebaiknya juga memenuhi fungsi sekunder yaitu memiliki kenampakan dan cita rasa yang baik.
Ikan, ayam, telur, air dan lain sebagainya.
4.
Pangan Fungsional
Pangan yang secara alamiah maupun telah melampui proses, mengandung satu atau lebih senyawa yang berdasarkan kajian- kajian ilmiah dianggap mempunyai fungsi- fungsi fisiologis tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan, dikonsumsi layaknya makanan atau minuman, serta mempunyai karakteristik sensori berupa penampakan, warna, tekstur dan cita rasa yang dapat diterima konsumen.
Pencegahan, penurunan risiko penyakit degenerative , serta preventif.
Buah- buahan yang mengandung antioksidan, rumput laut, atau umbi- umbian yang kaya akan pati resisten.
5.
Obat Farmasi
Salah satu bidang professional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang behubungan dengan layanan terhadap pasien di antaranya klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.
Sebagai obat- obatan untuk menyembuhkan penyakit.
Obat sakit kepala/ Paracetamol dan lain sebagainya.

0 Response to "Definisi Jamu, Pangan Fungsional, Pangan, Obat Farmasi, dan Obat Tradisional"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel