Sosial Media

Perkembangan Teknologi Yang Semakin Canggih, Apakah Radio Akan Tetap Eksis atau Bakal Punah Dimakan Zaman?

   

 Aku masih inget banget, ketika lagu- lagu milik Peterpan, Ungu, Mahadewi dan band- band papan atas lain yang waktu itu masih mendominasi Industri musik Indonesia. Aku suka dengan gaya musik mereka, sering banget malah dengerin karya- karya mereka. Bukan Via Joox ataupun Spotify tetapi melalui Radio.

Tidak seperti zaman digital seperti saat ini, dengan segala kemudahan yang ditawarkan. Dulu mendengarkan musik dengan radio adalah sebuah kenikmatan tersendiri, dibalik itu juga ada banyak dukanya, kadang sinyalnya jelek yang mengakibatkan suaranya Kemresek, bahkan sampai merelakan naik ke atap rumah biar dapetin sinyal yang bagus. Tetapi hal tersebut tidak membuat aku marah ataupun jengkel, malah hal absurd semacam itu dapat membuat aku tertawa sendiri, ketika aku mengingatnya diwaktu senggang seperti saat ini.
Memang waktu itu selain televisi, Radio merupakan media hiburan yang sangat disenangi untuk semua lapisan masyarakat, terutama kalangan anak- anak hingga remaja. Bukan hanya lagu- lagunya yang membuat pendengarnya senang, tetapi kelincahan berbicara para penyiarnya pun menjadi hiburan tersendiri.

Di Era Millenials seperti saat ini, dengan banyaknya hiburan yang ditawarkan, apakah radio bisa tetap eksis? Padahal banyak sekali kompetitor saat ini, sebut saja Aplikasi streaming music seperti joox, dengan kemudahan yang ditawarkan joox jauh lebih eksis dibandingkan radio. Belum lagi Youtube, TV, ataupun hiburan yang lain seperti games. Dengan banyaknya persaingan diranah hiburan, kayaknya radio bakal tergerus oleh zaman.

Ibarat pangan tradisional seperti tahu tempe, jika dibandingkan dengan pangan modern seperti Produk KFC ataupun yang lain, pasti produk KFC akan jauh lebih diminati daripada tahu tempe. Tetapi meskipun seperti itu tahu tempe tetep menjadi pangan tradisional yang masih banyak dicari. Nahhh seperti itulah kiranya analogi dari Media Radio dengan Media modern lainnya.

Aku kira radio akan tetap banyak peminatnya, karena ada beberapa fasilitas yang ditawarkan radio dan tidak ada di media lain, seperti hubungan emosional antara pendengar dan penyiar, Nahh fasilitas inilah yang membuat radio bisa tetap eksis di dunia hiburan meskipun perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Kebanyakan penyiar professional akan memposisikan diri sebagai teman yang baik untuk pendengarnya, para penyiar akan membuat iklim keakraban antara pendengar dan penyiar itu sendiri, sehingga seakan- akan sang penyiar seperti ngobrol empat mata dengan pendengarnya.

Bahkan banyak juga radio- radio yang masih menggunakan fasilitas Telpon untuk request lagu ataupun salam- salam, hal ini akan menjadi salah satu cara efektif untuk mengundang pendengar, karena pendengar akan merasa jauh lebih dekat dengan penyiarnya.

Selain lagu- lagu baru yang disuguhkan, program- program dari radio itu sendiri menjadi daya tarik pendengar, karena ada juga beberapa radio yang membuat sebuah program curhat guna membangun keakraban antara penyiar dengan pendengarnya. Nahh dari situ kita bisa melihat beberapa fasilitas yang diberikan radio kepada penikmatnya yang belum tentu ada di media hiburan lain seperti Joox, Spotify, Youtube ataupun yang lain.

Dari beberapa fasilitas yang diberikan radio kepada pendengarnya, aku kira radio akan bisa tetep eksis beberapa tahun kedepan, karena memang faktanya belum ada Media hiburan lain selain radio yang memberikan fasilitas sama yaitu Hubungan Emosional antara Pendengar dan Penyiar, sehingga agar tetap menjadi media yang digemari oleh para pendengar, pengelola- pengelola radio harus berinovasi memberikan fasilitas- fasilitas yang berbeda untuk penikmatnya.


So, Mungkin itu saja beberapa opini saya mengenai eksistensi radio di era digital seperti saat ini. Kesimpulannya adalah bukan mengenai media konvensional ataupun media modern yang akan tetap hidup, tetapi mereka yang bisa berinovasi dan memberikan fasilitas berbeda kepada penikmat masing- masing, Nahh itulah yang dinamakan adaptasi kehidupan untuk tetap HIDUP.(#M_Si)

5 Responses to "Perkembangan Teknologi Yang Semakin Canggih, Apakah Radio Akan Tetap Eksis atau Bakal Punah Dimakan Zaman?"

  1. Menurut saya radio gak akan punah dimakan jaman.. dan semoga tetap eksis

    ReplyDelete
  2. Sangat setuju dengan kalimat "kuatnya hubungan emosional antara pendengar dan penyiar" ini salah satu kunci kalau radio gak bakal dimakan zaman.

    ReplyDelete
  3. Radio tetap ekses di rumah ane, radio tetap top walau ada tv

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel