Sosial Media

5 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kalian Ketahui


“Buku adalah Jendela Dunia” 

Otak merupakan alat berpikir yang dimiliki spesies bernama manusia, beda halnya seperti hewan dan tanaman, manusia dapat dikatakan sebagai makhluk yang mendekati sebuah kesempurnaan, hal ini disebabkan karena otak manusia. Sama halnya otot yang akan lebih kuat ketika terus- menerus dilatih, otak juga harus dilatih secara berkelanjutan agar tidak tumpul dan tetap waras untuk dibuat berpikir. Salah satu cara yang efektif untuk mengasah dan melatih otak adalah dengan membaca buku. 

Selain untuk melatih otak, ternyata mambaca memiliki banyak sekali manfaat lain. Adapun manfaat daripada membaca buku adalah sebagai berikut : 

1. Mencegah Penyakit Alzheimer (Kepikunan) 


Alzheimer adalah salah satu penyakit otak yang dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak, alzheimer muncul seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Center bahwa aktivitas sehari- hari dapat mengurangi penurunan kemampuan otak dan menyebabkan timbulnya Alzheimer. 

Salah satu cara untuk mencegah Alzheimer adalah dengan membaca buku. Salah satu peneliti dari Henry Ford Health System, Dr. C. Edward Coffey mengatakan bahwa membaca dapat mencegah penyakit Alzheimer. Beliau menjelaskan bahwa membaca dapat membentuk semacam lapisan penyangga yang melindungi dan mengganti perubahan otak. Membaca juga dapat menumbuhkan dendrit, salah satu komponen sel saraf otak atau neuron. 

2. Mengurangi Stres 


Selain bermain games, shoping, traveling, dan lain sebagainya. Membaca buku merupakan salah satu cara seseorang untuk mengurangi tingkat stres. Biasanya stres muncul ketika seseorang mendapatkan sebuah masalah yang susah untuk dipecahkan. Bahkan kadang hal sepele pun bisa menyebabkan seseorang menjadi stres. Ada sebuah penelitian dari University of Sussex yang menyatakan bahwa level stres dapat berkurang hingga 68 % ketika seseorang dapat meluangkan waktunya untuk membaca buku. Hal ini disebabkan membaca dapat membentuk sebuah imajinasi seseorang, ketika imajinasi sudah terbentuk, seakan pembaca dibawa kadalam dimensi lain dari cerita buku tersebut, sehingga pembaca akan melupakan sejenak masalah yang membuatnya stres. 

Baca Juga : Kuliah, Buat apa?!?

3. Menumbuhkan Sikap Kritis 


Aktivitas membaca dapat membuka pikiran seseorang, semakin banyak buku yang dibaca maka pemikiran seseorang akan semakin luas, dan semakin banyak pula buku yang telah dibaca maka seseorang akan cenderung memiliki wawasan yang sangat luas. Wawasan dan pengetahuan yang luas membuat orang menjadi kritis terhadap apapun, sehingga orang- orang yang suka membaca akan cenderung menanyakan berbagai macam hal sebelum dia benar- benar mempercayai hal tersebut. Orang yang gemar membaca akan paham dengan persoalan yang dilihat dari berbagai macam perspektif. 

4. Meningkatkan Kewibawaan 



Wibawa seseorang dapat dilihat dari sikap dan cara berkomunikasi seseorang. Orang yang berwibawa pastinya memiliki cara berkomunikasi yang cerdas. Apa itu komunikasi cerdas? Komunikasi cerdas adalah ketika seseorang dapat berkomunikasi dengan menggunakan variasi kosakata yang sangat banyak dan berkualitas. Banyak dan berkualitasnya kosakata dapat ditingkatkan dengan membaca berbagai macam bahan bacaan, sehingga akan menambah perbendaharaan kata. 


5. Membangun Ruang Imajinasi 


Imajinasi merupakan dimensi lain yang ada didalam pikiran manusia, salah satu cara membangun imajinasi yaitu dengan membaca buku. Buku merupakan kumpulan kalimat- kalimat yang tersusun dari ratusan kata- kata yang saling berkaitan. Setiap kata yang tersusun dalam sebuah buku merupakan hasil dari imajinasi penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca. Entah buku fiksi ataupun non fiksi, dua jenis buku tersebut sama- sama memberikan si pembaca kesempatan untuk membangun ruang imajinasinya sendiri. 

Dari 5 manfaat membaca yang sudah dijelaskan diatas, saya sangat berharap kalian dapat meningkatkan minat membaca, karena membaca merupakan kebutuhan wajib untuk memberikan asupan pengetahuan terhadap otak kita, sehingga otak akan tetap waras dan sehat ketika digunakan untuk berpikir. 


Kita semua tahu bahwasanya Indonesia merupakan negara yang sangat minim literasi, tingkat minat baca bangsa Indonesia sangat rendah sekali, bahkan dibawahnya negara Thailand sekalipun. Sudah banyak penelitian diluar negeri yang meneliti tingkat literasi di Indonesia, tetapi hasilnya sangatlah mengecewakan. 

Saya sangat percaya negara maju berbanding lurus dengan kualitas bangsanya sendiri, ketika bangsanya memiliki kualitas yang luar biasa maka negara pun akan maju dengan sendirinya. Salah satu cara untuk mengembangkan kualitas bangsa adalah dengan menyadarkan akan pentingnya membaca buku. Minimal dalam satu hari, satu orang bisa membaca 10 halaman buku, itu merupakan pencapaian luar biasa untuk bangsa Indonesia sendiri. 

Oleh karena itu, karena kita bangsa Indonesia yang peduli terhadap tingkat literasi di Indonesia, maka marilah sama- sama kita bangun budaya membaca. Kita ganti aktivitas melamun, bermain games, tidur ketika menunggu bis atau antre dengan membaca sebuah buku. #M.Si 



2 Responses to "5 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kalian Ketahui"

  1. Betul banget gan... terbukti sekali apa yang dituangkan dalam penjelasan diatas...

    ReplyDelete

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel