Sosial Media

Orang- Orang Hebat Dunia dan Kegemarannya dalam Membaca Buku

sumber : unsplash.com

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa kegiatan membaca adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan mengasikkan, oleh karena itu tak jarang orang- orang lebih suka berdiam diri dirumah dengan membaca buku favorit dan ditemani secangkir kopi hangat daripada jalan- jalan keluar. 

Bagi saya, pemikiran hebat dan luar biasa itu dipengaruhi oleh kualitas literasi yang didapatkan. Semakin berkualitas bacaan yang dikonsumsi maka pemikiran luar biasa akan terbentuk. 

Buku merupakan sahabat terbaik untuk orang- orang sukses. Bahkan orang terkaya didunia seperti Bill Gates mempunyai hobi membaca buku dengan kuantitas yang sangat luar biasa banyaknya. 

Nama- nama yang akan kita ulas bersama dalam satu artikel pendek ini, semoga menginspirasi dan membuka pemahaman kalian tentang pentingnya membaca buku. 

1. Mohammad Hatta 

sumber : www.libmagz.com

Founding Father yang akrab dipanggil bung Hatta ini ternyata memiliki kegemaran dalam membaca buku, hal inilah yang membuat bung Hatta memiliki pemikiran luar biasa dalam segala bidang. Wakil presiden pertama di Indonesia ini bukan hanya menyukai bacaan, bahkan mungkin sangat mencintai bacaan, terbukti dengan sekitar 30.000 buku terkumpul didalam perpustakaannya. Bukan hanya aktif membaca, tetapi ide dan pemikirannya sudah tertuang dalam bentuk tulisan yang sangat menginspirasi banyak orang. 

“Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Karena dengan buku aku bebas” 

2. Bill Gates 
sumber : www.cnbc.com

Bill Gates, seorang pakar IT pendiri perusahaan Microsoft yang mempunyai kegemaran membaca. Bahkan saking gemarnya dengan membaca, Bill Gates dapat mengkonsumsi 50 buku dalam kurun waktu satu tahun. Beliau juga mempunyai website pribadi yang sering diisi dengan beberapa rekomendasi buku yang bisa dibaca. (www.gatesnotes.com)

Baca Juga : 5 Manfaat Membaca Buku yang Harus Kalian Ketahui

3. Mark Zuckerberg 
sumber : fortune.com

Tahun 2004 merupakan awal Mark mendirikan perusahaan facebook dengan teman- temannya, dari karya besarnya dia dinobatkan sebagai orang terkaya didunia versi majalah Forbes. Salah satu rahasia dia bisa sukses adalah hobinya dalam menghabiskan bahan bacaan. Bahkan saking cintanya terhadap dunia literasi, dia membuat sebuah komunitas di facebook dengan nama a year of book

4. Oprah Winfrey 
sumber : www.usmagazine.com

Banyak sekali orang- orang yang menjuluki oprah sebagai Queen of Talkshow. Di dalam acaranya The Oprah Winfrey Show, dia mencoba memberikan inspirasi luar biasa kepada para penonton dengan mendatangkan tamu- tamu luar biasa. Ternyata salah satu kebiasaannya yaitu membaca buku. Oprah Winfrey sadar betul tentang keistimewaan dalam membaca, beliau sangat gemar membaca karena membaca membuat Oprah bebas berimajinasi. Beliau juga memiliki klub buku yang didirikan bernama Oprah’s Book Club

5. Abraham Lincoln 
sumber : societyofgentlemen.org

Salah satu presiden Amerika Serikat yang terkenal dalam menghapuskan perbudakan dan membuka jalan bagi tumbuhnya industrialisasi dan kapitalisme di Amerika Serikat adalah Abraham Lincoln. Beliau adalah politikus yang luar biasa dan memiliki minat baca yang sangat tinggi. Pemikiran- permikiran hebatnya dipengaruhi oleh banyaknya buku yang dia baca, salah satunya adalah karya sastra karangan William Shakespeare. 

Bukan hanya lima tokoh dunia yang sudah disebutkan diatas, melainkan masih ada banyak lagi tokoh- tokoh yang memulai suksesnya dengan sebuah buku. Buku adalah kumpulan kata- kata yang sangat efektif untuk membentuk sebuah pemikiran, karena pada dasarnya pemikiran yang hebat muncul karena ada suatu pemicu didalamnya, salah satu pemicunya adalah buku. #M.Si 

Referensi :www.gramedia.com, literasinusantara.com, blog.mizanstore.com 

0 Response to "Orang- Orang Hebat Dunia dan Kegemarannya dalam Membaca Buku"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel