Sosial Media

Takut mulai bisnis? 3 Tips Memulai Bisnis ini akan Membantu Kamu Sukses Berbisnis

 

Catatan Kerupuk
Tips memulai bisnis bagi pemuda
/unsplash

Memulai bisnis memang bukan perkara yang mudah, apalagi banyak sekali bisnis yang tidak bisa sukses dikarenakan banyak alasan. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan keberanian kamu dalam membuat sebuah bisnis.

Banyak orang menginginkan bisnis karena mungkin mereka sudah capek bekerja dibawah tangan & kaki orang lain, terlalu dikekang oleh waktu, bahkan kadang harus meminggirkan idealisme sendiri.

Tapi sebelum kamu memutuskan untuk membangun bisnis dan fokus mengembangkannya, kamu harus paham beberapa ilmu dasarnya terlebih dahulu, minimal kamu membaca artikel ini sampai akhir agar kamu lebih siap dalam memulai bisnis yang akan kamu bangun. Apa saja tipsnya, mari kita bedah!

1. Telanjangi Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Eh, vulgar sekali bahasanya. Tidak, tidak! Aku tidak menggunakan bahasa menelanjangi dalam makna yang sesungguhnya, maksudnya menelanjangi apa sih? Maksudnya itu kamu harus bener-bener mendalami dan memahami kamu itu siapa, coba lihat sedalam mungkin siapa sih sebenarnya diri kamu, jawablah beberapa pertanyaan seperti :

    a.     Passionmu apa?

    b.     Keahlianmu dimana?

    c.     Kamu terlahir dari keluarga seperti apa?

    d.     Aset apa yang kamu punya?

Pertanyaan diatas penting sekali untuk mengenali diri kamu siapa, karena harusnya sebelum kamu memahami lebih dalam soal bidang bisnis yang akan kamu jalani, kamu wajib tahu dan paham siapa sih sebenarnya diri kamu.

2. Ciptakan Banyak Ide

Setelah memahami dan mendalami siapa sebetulnya diri kamu, kamu akan menemukan ketertarikan didalam diri kamu. Nah, ketertarikan ini yang nantinya bisa menjadi sebuah ide bisnis yang akan kamu jalankan kedepan, misalnya kamu sudah mengetahui ternyata kamu suka sekali dengan masak, setelah itu kamu bisa membangun ide bisnis yang berkaitan dengan memasak, contohnya membuat warteg online, rumah makan padang ataupun yang lainnya.

3. Nggak Usah Nunggu Mental Bisnis Datang, Just Do It!

Setelah ide sudah datang, ketakutan memulai bisnis bisa saja muncul. Takut gagal, takut rugi, takut bangkrut dan masih banyak ketakutan-ketakutan yang lainnya.

Hal ini sangat wajar karena kamu sebelumnya belum pernah melakukan bisnis sama sekali, tapi yang terpenting adalah “Mulai aja dulu”. Realisasikan ide bisnismu, mental pasti terbentuk seiring berjalannya waktu. Kalau kamu sudah takut diawal dan tidak memulai bisnismu, maka ide yang sudah kamu bangun tidak akan menjadi apa-apa.

Nah, itu 3 tips memulai bisnis yang wajib kamu coba agar lebih berani membangun sebuah bisnismu. Tidak usah takut gagal dalam mencoba sesuatu, keberhasilan yang luar biasa didapatkan dari kumpulan kegagalan yang terevaluasi dengan baik, intinya jangan takut mencoba.

0 Response to "Takut mulai bisnis? 3 Tips Memulai Bisnis ini akan Membantu Kamu Sukses Berbisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel